Beberapa Penyakit dan Vaksinasi Broiler (Ayam Pedaging)

Selamat berjumpa lagi dengan Blog Fachrul semoga kalian bisa terbantu.Setelah kemari berbagi informasi tentang Cara Untuk Beternak Ayam Potong (Broiler) Yang Baik Kali ini saya mau berbagi informasi tentang Beberapa Penyakit dan Vaksinasi Broiler (Ayam Pedaging).Usaha ayam pedaging memang sekarang bukan rahasia lagi menjadi usaha yang menjanjikan,namun beberapa penyakit sering menjadi kendala dalam melakukan usaha,oleh karena itu saya akan membahas beberapa penyakit dan vaksinasi ayam pedaging.


1.Vaksinasi

Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Vaksinasi penting yaitu vaksinasi ND/tetelo. Dilaksanakan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata, dengan vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

2.Penyakit

Penyakit yang sering menyerang ayam broiler yaitu :

1.Tetelo (Newcastle Disease/ND).

Disebabkan virus Paramyxo yang bersifat menggumpalkan sel darah. Gejalanya ayam sering megap-megap, nafsu makan turun, diare dan senang berkumpul pada tempat yang hangat. Setelah 1 – 2 hari muncul gejala syaraf, yaitu kaki lumpuh, leher berpuntir dan ayam berputar-putar yang akhirnya mati. Ayam yang terserang secepatnya dipisah, karena mudah menularkan kepada ayam lain melalui kotoran dan pernafasan. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, maka untuk mengurangi kematian, ayam yang masih sehat divaksin ulang dan dijaga agar lantai kandang tetap kering.

2.Penyakit Ngorok (Chronic Respiratory Disease). 

Merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum Gejala yang nampak adalah ayam sering bersin dan ingus keluar lewat hidung dan ngorok saat bernapas. Pada ayam muda menyebabkan tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk dan diare dengan kotoran berwarna hijau, kuning keputih-keputihan. Penularan melalui pernapasan dan lendir atau melalui perantara seperti alat-alat. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat-obatan yang sesuai.
Berak Kapur (Pullorum). Disebut penyakit berak kapur karena gejala yang mudah terlihat adalah ayam diare mengeluarkan kotoran berwarna putih dan setelah kering menjadi seperti serbuk kapur. Disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum.

3.Pilek/Snot/Coryza

Selain itu penyakit ini muncul pada pergantian musim. Penyakit Snot disebabkan oleh bakteri haemophilus galloinarum. Pilek / snot / coryza pada ayam dapat menyebar secara cepat melalui makanan, minuman dan udara. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan, ayam yang terserang harus langsung dipindahkan ke kandang khusus karantina.

Sekian artikel tentang Beberapa Penyakit dan Vaksinasi Ayam Pedaging (Broiler). Semoga usaha peternakannya sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Penyakit dan Vaksinasi Broiler (Ayam Pedaging)

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!