Cara Membuat Tepung Tulang Pakan

Cara Membuat Tepung Tulang Pakan - Bidang peternakan tidak pernah lepas dari pemanfaatan limbah perikanan ataupun pertanian sebagai pakan alternatif yang murah. Banyak limbah pertanian dan perikaknan yang sudah digunakan untuk pakan ternak. Kali ini saya akan membahas tepung tulang, kami akan sedikit mengulas tentang manfaat, kandungan dan cara-cara membuat tepung tulang baik dari tulang ikan atau tulang sapi. 

Cara Membuat Tepung Tulang Pakan
Secara luas tepung tulang sudah lama di kenal sebagai salah satu penyusun bahan pakan konsentrat yang mampu mendukung pertumbuhan ternak. Kandungan protein dan mineralnya tinggi. Dulu tulang hanya di anggap sebagai limbah, padahal jumlahnya sangat banyak, sehingga ini adalah peluang yang menguntungkan. Oleh karena itu memanfaatkan tulang sebagai salah satu penyusun bahan pakan ternak adalah tindakan tepat. 

Dalam ramsum tepung tulang berfungsi untuk memenuhi kebutuhaan protein dan mineral. Kandungan protein tepung tulang antara 55­60%. Kandungan mineral cukup lengkap seperti fosfor dan Ca, K, Na, Mg, Mn dan seterusnya, dengan tingkat pemakaian dalam ransum 1–2 %. Kandungan seperti ini berguna dalam meningkatkan nilai gizi ransum, meningkatkan pertumbuhan dan mempercepat pertambahan bobot badan. 

Cara membuat tepung tulang cukup mudah, anda hanya perlu alat untuk menggilingnya, jika tidak,  anda dapat menggunakan jasa penggiling tulang. Berikut cara membuat tepung tulang :
  1. Bersihkan tulang dari darah, lemak, sisa daging, tanah dan kotoran yang lain.
  2. Lalu, masukan ke dalam tabung Digester berupa tangki tertutup berdinding lapis 2, atau memakai alat presto.
  3. Setelah bersih tulang di keringkan atau oven selama 3 jam.
  4. Bila sudah kering, masukan ke dalam mesin Circular Mill atau Hammer Mill atau alat penumbuk lain.
  5. Apabila masih kurang halus, giling dengan mesin penepung lalu ayak agar partikel yang masih besar untuk di buang.
  6. Bisa di kemas untuk di pakai sendiri atau di pasarkan.
Sekian informasi cara membuat tepung tulang. Untuk menggunakannya sebaiknya tepung tulang dicampur dengan bahan yang mengandung energi seperti dedak dan bungkil agar seimbang, agar tidak terjadi mall nutrisi. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Tepung Tulang Pakan

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!