9 Ciri Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan

9 Ciri Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan - Berikut ini adalah beberapa ciri telur yang baik untuk ditetaskan. Berat telur, bentuk, keutuhan, warna kulit maupun kebersihan telur tersebut bisa anda simak penjelasan di bagian bawah. 

9 Ciri Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan

1. Berat Telur
Berat telur bisa tergantung dari jenis dari ternaknya, karena berat telur pada tiap ternak unggas berbeda. Apabila telurnya yang terlalu besar, biasanya kuning telurnya ganda dan tidak menetas walaupun dieramkan. Sedangkan  jika telur yang terlalu kecil, maka kurang menetas dengan baik. 

2. Bentuk Telur
Pada telur yang bentuknya berbeda dari keadaan normal, umumnya kurang menetas dengan baik. Telur dikatakan normal yaitu jika telur mempunyai perbandingan antara panjang dan lebarnya 2 : 3. Bentuk oval. 

3. Keutuhan Kulit Telur
Jika telur dalam keadaan retak atau pecah tetapi isi telur tidak keluar, tidak akan menetas karena bakteri bisa masuk kedalam telur dan merusak telur. Oleh karena itu telur yang akan ditetaskan harus dalam keadaan utuh atau tidak retak. 

4. Kualitas Kulit Telur
Pada bagian kulit telur. Telur dengan kulit yang tipis, kulit telur lembek, keadaan perkapuran yang kurang merata, umumnya kurang menetas dengan baik. Ketebalan kulit telur yang normal berkisar antara 0,33 – 0,35 mm untuk telur ayam. 

5. Warna Kulit Telur
Daya tetas telur juga dipengaruhi oleh warna kulit. Contohnya dari ayam menghasilkan telur yang kulitnya lebih gelap, maka akan menetas lebih baik dari yang berwarna lebih terang. 

6. Kebersihan Kulit Telur
Daya tetas telur yang kotor biasanya rendah, jadi telur yang sangat kotor sebaiknya tidak ditetaskan. Bisa dibersihkan dengan menggunakan kertas semen (jika kotorannya ringan) atau dibersihkan dengan air hangat (temperatur 55 derajat celcius) lalu dikeringkan. 

7. Rongga Udara
Pada bagian rongga udara terlihat dibagian tumpul dan tidak berpindah-pindah. 

8. Ratio Induk
Setiap ternak unggas Ratio Induknya  berbeda-beda. Pada ternak bebek/itik ratio jantan dan betinanya yaitu 1:10, apabila ada 1 pejantan untuk lebih dari 10 betina maka kurang bagus karena 1 pejantan hanya dapat membuhai betina sekitar 10. 

9. Bau Telur
Ciri yang terakhir yaitu bau telur. Terlur yang akan ditetaskan jangan yang sudah berbau busuk karena telur tersebut sudah rusak dan tidak akan menetas bila di tetaskan.

Sekian informasi tentang 9 Ciri Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan Semoga bermanfaat bagi anda yang akan menetaskan telur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Ciri Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!